Beranda | Artikel
Beriman kepada Hari Kiamat - Bagian ke-3 - Kitab Al-Irsyad ila Shahih Al-Itiqad (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)
Rabu, 26 Februari 2014

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

[sc:status-al-irsyad-ustadz-badrusalam-2013]

Ringkasan Ceramah Agama Islam – Kajian Kitab Al-Irsyad ila Shahih Al-I’tiqad Ini: Beriman kepada Hari Kiamat (الإيمان باليوم الآخر)

Beriman kepada Hari Kiamat (الإيمان باليوم الآخر) – Bagian ke-3

Kematian (الموت)

Kematian itu pasti akan menimpa setiap manusia. Allah berfirman:

كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ الْمَوْتِ … (آل عمران: ١٨٥)

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. …” (Q.S. Ali ‘Imran [3]: 185)

Maka setiap kita berpikir, jangan sampai apabila kehidupan kita ditutup dengan keburukan, sebab yang dianggap pada manusia adalah di akhir hayatnya. Apabila di akhir hayatnya, dia di atas kebaikan dan wafat di atas kebaikan, maka ia insyaAllah orang-orang yang beruntung kelak di dalam kehidupan akhirat. Tetapi apabila ia di akhir hayatnya ditutup dengan keburukan, na’udzubillahi min dzalik, maka ini adalah keburukan bagi dia.

Allah Ta’ala berfirman:

“Hai orang-orang beriman, janganlah hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barangsiapa yang berbuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang merugi. (9) Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: “Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?” (10) Dan Allah sekali-kali tidak akan menangguhkan (kematian) seseorang apabila telah datang waktu kematiannya. Dan Allah Maha Mengenal apa yang kamu kerjakan. (11)” (Q.S. Al-Munafiqun [63]: 9-11)

Dengarkan dan Download Ceramah Agama: Beriman kepada Hari Kiamat (Bagian ke-3)

Ayo download rekaman kajian ini dan bantu bagikan ke saudara-saudara kita, terutama bagikan tautan post ini ke akun Facebook, Twitter, dan Google+ kamu. Jazakumullahu khoiron.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/4985-beriman-kepada-hari-kiamat-bagian-ke-3-kitab-al-irsyad-ila-shahih-al-itiqad-ustadz-abu-yahya-badrusalam-lc/